WHAT'S NEW?
Loading...

Manfaatkan Air Waduk Cengklik untuk Cuci Tikar


BOYOLALI  – Sejumlah orang memanfaatkan air dari Waduk Cengklik, Ngesrep, Ngemplak, Boyolali untuk mencuci tikar dan karpet. Kualitas air waduk yang jernih dan tentunya cuma-cuma, dimanfaatkan untuk membersihkan alas tempat duduk tersebut.
Menurut Sutarno, aktivitas bersih-bersih tikar biasanya memilih waktu akhir pekan. Namun, tikar milik kampungnya itu hendak dipakai rapat dalam dua hari ini sehingga secepatnya dicuci.
“Mumpung cuaca cerah, mencuci tikar dipercepat, sehingga pertengahan pekan ini tikarnya bisa dipakai,” katanya.
Melimpahnya air dari waduk, membuat ia dan beberapa temanya tak kesulitan membersihkan debu dan kotoran yang menempel di tikar. Air yang mengalir mudah mempercepat proses pencucian. “Tinggal disiram deterjen, disikat dan dibilas sudah bersih,” imbuhnya.
Warga yang tinggal di selatan waduk ini menuturkan, setelah mencuci beberapa tikar selesai. Prosesnya berlanjut mengeringkan tikar. Perlu waktu beberapa jam dijemur di bawah terik matahari, agar tikar dan karpet lekas kering.
“Biasanya kami tinggal dulu, nanti ada yang jaga agar tidak diinjak-injak ternak,” imbuhnya.
Fenomena mencuci karpet dan tikar di waduk sudah berlangsung sejak lama. Tak hanya perabot rumah tangga saja yang dicuci. Kadang kendaraan roda empat dan roda dua juga ikut dicuci di sini.
Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/manfaatkan-air-waduk-cengklik-untuk-cuci-tikar/

0 comments:

Post a Comment