WHAT'S NEW?
Loading...

Boyolali Bangun Rusunawa Khusus Buruh


BOYOLALI – Pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) khusus buruh, masuk tahap akhir. Rusunawa yang dibangun diatas tanah seluas 2 hektare hingga 3 hektare itu berada di kampung Rejosari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo. Tepatnya di sebelah selatan Yonif 408 yang ada di Jalan Perintis Kemerdekan Kota Boyolali.
Berdasar informasi di lokasi proyek pembangunan rusunawa, saat ini pembangunan sudah mencapai lebih dari 60 persen. Tinggal pemasangan keramik dan plafon serta pembangunan halaman rusunawa. Tak hanya itu, pemasangan jaringan listrik juga sudah mulai dikerjakan. Yakni dengan memasang beberapa tiang listrik dari jalan raya Sonolayu-Ngangkruk ke lokasi rusunawa.
Rusunawa itu memang dibangun oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun setelah selesai dibangun, rusunawa itu akan diserahkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Boyolali untuk membantu para buruh di Boyolali yang belum memiliki tempat tinggal.
Kepala Bidang Hubungan Industrial  dan Jaminan Sosial, Dinas Koperasi dan Tenaga kerja (Dinkopnaker), Joko Santoso mengatakan, Pemkab Boyolali mendapatkan jatah pembangunan rusunawa buruh dari Menteri PUPR. Hal itu untuk membantu mencukupi kebutuhan rumah bagi buruh yang ada di Boyolali.
Di sisi lain, program rusunawa merupakan bagian dari kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi), satu juta rumah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menempati rumah untuk sementara waktu. “Kami berharap pembangunan rusunawa buruh dapat meringankan beban dan buruh dapat hidup sejahtera,” terang Joko Santoso.
“Banyak buruh di Boyolali yang masih belum memiliki tempat tinggal. Sehingga dengan rusunawa ini sangat membantu buruh,” imbuhnya.
Dijelaskan Joko, rusunawa ini terdiri dari 116 rumah yang terbagi dalam dua blok atau twin block. Setiap blok terdiri dari lima lantai. Selain itu, di rusunawa tersebut juga dilengkapi fasilitas umum seperti taman, dan tempat ibadah. “Kita tunggu saja, pembangunannya sampai selesai,” tandas Joko.
Sumber: radar solo

1 comment: Leave Your Comments

  1. Thanks for sharing your thoughts on %meta_keyword%. Regards netflix login

    ReplyDelete