WHAT'S NEW?
Loading...

Kabar Gembira, Bandara Adi Sumarmo Akan Buka 24 Jam


SOLO – Bandara Adi Sumarmo Surakarta akan beroperasi hingga pukul 24.00 WIB. Sebelumnya, bandara ini hanya buka sampai pukul 21.00 WIB. Rencana penambahan waktu ini sebagai salah satu bentuk pelayanan ekstra dari bandara internasional yang baru saja merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 tersebut.
General Manager Bandara Adi Sumarmo Abdullah Usman mengatakan beberapa tahun ini jumlah penerbangan di bandara itu mengalami peningkatan yang signifikan. Penambahan waktu beroperasi ini merupakan salah satu upaya Bandara Adi Sumarmo untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa.
Usman juga menjelaskan penambahan jam operasional terhadap Bandara Adi Sumarmo telah mendapat persetujuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) selaku regulator, serta izin dari Lanud Adi Sumarmo.
“Tapi sampai saat ini memang belum berjalan jam operasional hingga pukul 24.00 WIB itu, masih jam normal 21.00 WIB, karena belum ada maskapai yang mengajukan untuk penambahan rute baru di malam hari maupun rerouting,” ujarnya kepada wartawan, Senin (6/3)
Untuk peluang operasional penerbangan malam hari, lanjut Usman, diprediksi akan positif. “Perpanjangan waktu ini sudah disounding di semua maskapai, dan diprediksi responsnya akan positif, karena perpanjangan jam operasional ini merupakan dorongan dari maskapai sendiri,” ujarnya.
Adanya tambahan jam operasional ini juga untuk memberikan ruang aman bagi extra flights saat week seasons.
“Ya harapannya di usia yang semakin bertambah ini Bandara Adi Sumarmo semakin meningkat dalam pelayanan serta semakin bertambah rute penerbangannya. Saat ini rute penerbangan ada 68,” ujarnya.
Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pada 23 Februari lalu telah menyetujui perpanjangan jam operasional tiga bandara, yakni Bandara Adi Sumarmo Solo, Bandara Adi Sutjipto Jogja, dan Bandara Husein Sastranegara Bandung. Perpanjangan jam operasional ini merupakan tindak lanjut pembicaraan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Udara.
Menurut dia, perpanjangan jam operasional ini merupakan permintaan dari maskapai mengingat jumlah penerbangan terus bertambah. Saat ini jumlah penerbangan di Bandara Adi Sumarmo sebanyak 68 jadwal per hari.
“Kami sudah sampaikan perpanjangan jadwal ini ke airlines supaya mereka bersiap untuk pengajuan jadwal baru. Kemungkinan yang paling dekat penambahan jadwal adalah dari Lion Air yang akan membuka lima rute baru menuju Sumatera, di antaranya ke Medan, Palembang, Lampung,” ujarnya.
Selain itu, Air Asia juga berencana untuk membuat jadwal Solo-Denpasar dari yang sebelumnya tiga kali sepekan menjadi setiap hari. Namun diakuinya, rencana tersebut baru disampaikan secara lisan, belum dalam bentuk tertulis. 
Sumber: Joglosemar

0 comments:

Post a Comment