WHAT'S NEW?
Loading...

Ganjar Harap Pendamping Desa Berkompeten


SEMARANG  — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan tenaga pendamping profesional yang lolos seleksi benar-benar berkompeten sehingga bisa menunjukkan dan membuktikan bahwa yang bersangkutan mampu mendampingi desa.

“Mendampingi terutama dalam hal penyusunan pengelolaan anggaran serta rencana program pembangunan desa,” katanya usai meninjau Pelaksanaan Tes Tulis Tenaga Pendamping Profesional 2017 di Universitas Diponegoro Semarang, Minggu (10/9).

Selain itu, para pendamping profesional ini diharapkan menjadi pendamping yang menjadi sumber rujukan dan sumber bertanya tentang penyusunan pengelolaan anggaran desa yang transparan dan akuntabel, terutama menyangkut penyusunan rencana anggaran pembangunan.

Ganjar menjelaskan bahwa selain ujian tertulis, para peserta harus mengikuti tahapan tes berikutnya yakni wawancara dengan tim seleksi yang terdiri atas berbagai unsur, yaitu akademisi dari Universitas Diponegoro dan Universitas Jenderal Soedirman, Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, serta staf khusus Gubernur Jateng.

Harapannya, kata Ganjar, dalam wawancara nanti menjadi pendalaman untuk mengetahui kapasitas kemampuan peserta tes dalam melaksanakan tugasnya.

“Setelah lolos semua tahapan tes, kami akan memberikan pelatihan pratugas tentang bagaimana membangun integritas di desa, kemudian mereka langsung bekerja mendampingi desa dengan segala persoalan yang ada di desa,” ujar mantan anggota DPR RI itu.

Sejak dana desa digulirkan, Ganjar meminta agar semua perangkat desa memasang papan informasi di depan kantor desa masing-masing berisi tentang pengelolaan anggaran desa agar masyarakat tahu apa program yang dilaksanakan pemerintah desa dan peruntukan dananya.

“Dari sebanyak 7.809 desa yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah tercatat kurang lebih 3 ribu yang sudah memasang, artinya sekitar separuh belum memasang, padahal itu adalah gerakan awal mengajak kepala dan perangkat desa menyusun pengelolaan dana desa secara transparan,” katanya. (jwn5/ant)



Sumber: Jowo News

0 comments:

Post a Comment