WHAT'S NEW?
Loading...

Hari Ini Tol Bawen - Salatiga Diresmikan Presiden Jokowi

Gerbang Tol Salatiga
Salatiga - Presiden Joko Widodo hari ini, Senin 25 September 2017 akan meresmikan Jalan tol Bawen-Salatiga. Berdasarkan rilis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (25/9), Jokowi dan Iriana terbang ke Salatiga menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 07.30 WIB. Rencananya Jokowi akan melakukan peresmian Jalan Tol Semarang-Solo Seksi III: Bawen-Salatiga di Gerbang Tol Salatiga.

"Iya, direncanakan jam 14.30 WIB," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng (TMJ), Ali Zainal Abidin saat dihubungi, Senin (25/9).

Ruas jalan tol Bawen-Salatiga yang terkenal dengan keindahan gerbang tol berlatar Gunung Merbabu ini merupakan bagian dari jalan tol Semarang-Solo. Jalan bebas hambatan ini sebenarnya sudah mulai dioperasikan pada Jumat (15/9). Untuk sementara pengendara yang masuk ke tol ini tidak dikenakan tarif alias gratis sampai dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang pemberlakuan tarif di ruas tersebut.

Sementara, ruas Bawen-Salatiga dioperasikan hanya untuk kendaraan umum berukuran kecil, bukan bus dan truk. Pengoperasian tol Bawen-Salatiga sekaligus menandai perubahan sistem transaksi tol. Sistem transaksi saat ini menggunakan sistem terbuka, selanjutnya akan menggunakan sistem transaksi tertutup, sesuai dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Setelah dibuka secara resmi, jalan tol dengan panjang 17,6 kilometer ini akan dibuka publik dan sudah memiliki tarif.

0 comments:

Post a Comment